Skip to main content

Blog authors

My photo
M. Djidin
M. Djidin Dahlan lahir di Mandar, SULBAR, 02 Juni 1955. SD, PGAN 4 Th di Tinambung. SPIAIN, S1 dan S2 di Makassar, S3 di Jakarta. Di Makassar, kuliah di ABA (Bhs. Inggris ), mengajar di Lembaga Bhs IAIN, UMI, MAN, SMP, SMA Nahdiyat, SMP, SMA Trisakti, magang Wartawan Pedoman Rakyat. Juga, aktif ceramah dan khuthbah Jumat. Belajar tasauf di Majlis Ta'lim Habib Abubakar Hasan al-Attas. Bimbingan akhlak tasauf dari ARG. Prof. Dr. KH. Sahabuddin, mendampingi beliau bersafari dakwah ke jamaah Qadiriyah Mandar. Di Makassar, M. Djidin juga berguru kepada KH. Mustari, K. Mursalin Saleh, KH. Hafidz, KH. Muhammad Nur, KH. Abd. Qadir, MA. Mengikuti pengajian KH. Ali Ba'bud, KH. Sanusi Baco, KH. Muchtar Husain. Di Mandar, mengikuti pengajian dan dakwah keliling Annangguru KH. Muh. Saleh, belajar pd Annangguru Hafil, Annangguru Imam Sawang, Guru Ka'do, Pak Jurairi, M. Saleh, Sitti Awi, Pua Pasing. Pengalaman luar negeri, 2007, 4 bulan belajar tafsir di Mesir. 2011, Rajab - ramadhan belajar di Ummul Qura' University, Makkah. Pengalaman jabatan di IAIN Ternate, Ketua Prodi B. Arab, Kajur Tarbiyah, Kajur Adab, Dekan
Bersama Al-Qur'an (193)
‎(إقرأ)

M. Djidin
IAIN Ternate

Membaca ayat qauliyah dan ayat kauniyah. Ayat qauliyah adalah ayat-ayat yang difirmankan oleh Allah swt. di dalam Al-Qur’an.
Ayat kauniyah adalah ayat
atau tanda yang wujud di sekeliling yang diciptakan oleh Allah SWT. Ayat kauniyah adalah ayat dalam bentuk benda, kejadian, peristiwa dan lainnya yang ada di sekitar kita, di alam ini.
Bacaan kita hari ini :

Ilmu, Lampu yang Selalu Menerangi

Kata ilmu (pengetahuan) berasal dari bahasa Arab علم, masdar dari عَـلِمَ – يَـعْـلَمُ
yang berarti tahu atau mengetahui. Sedang orang yang berilmu adalah orang yang memiliki pengetahuan atau kepandaian tentang sesuatu. Ilmu (pengetahuan) melekat pada diri setiap manusia. Setiap orang yang baru lahir memiliki pendengaran, penglihatan, dan hati, akal yang akan digunakan untuk mengetahui, berpikir. Pentingnya ilmu bagi manusia karena semua aspek kehidupan membutuhkan pengetahuan.
Dari mulai bangun tidur, beraktifitas, istirahat, makan, dan seterusnya memerlukan pengetahuan. Untuk menjaga kesehatan agar selalu sehat, seseorang harus memiliki pengetahuan bagaimana tidur yang baik, kalau tidur tidak cukup apa yang harus dilakukan, harus mengetahui makanan yang higienis. Begitu halnya bagi orang yang memiliki aktifitas yang banyak, harus mampu memanage, memiliki pengetahuan untuk mengatur waktu. ASN, pedagang, petani, dan lainnya semua butuh pengetahuan dalam mengerjakan, menekuni pekerjaan masing-masing untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Bahkan kebutuhan terhadap ilmu pengetahuan melebihi kebutuhan lainnya. Kebutuhan terhadap makan dan minum misalnya, mungkin satu-dua kali sehari sudah cukup tetapi manusia butuh pengetahuan tanpa batas.

Al-Qur'an, Agama Islam diajarkan kepada setiap muslim agar ia memiliki pengetahuan yaitu ilmu yang sesuai dengan petunjuk Rasulullah SAW dan diamalkan, baik berupa amal hati, amal lisan, maupun amal anggota badan. Tujuannya agar ummat Islam dapat menata diri untuk berainteraksi dengan Allah, kepada sesama, dan alam. Ilmu adalah jalan menuju surga, dambaan setiap mukmin. Ilmu adalah nikmat, anugerah tertinggi yang diberikan Allah kepada hamba-Nya.
Ilmu adalah cahaya yang menerangi hati dari kebodohan, lampu penerang bagi penglihatan dalam kegelapan, dan dengan ilmu pula seseorang akan memperoleh kenikmatan, ketenangan, meraih derajat yang terhormat di dunia dan di akhirat. Ilmu adalah warisan dari nabi Muhammad saw. Nabi tidak mewariskan harta dan kenikmatan lainnya bagi ummatnya melainkan meninggalkan ilmu dan hikmah. Ilmu adalah satu-satunya yang diperintahkan Allah kepada rasul-Nya untuk selalu ditambah, diperbanyak, dan dikembangkan sebagaimana firman-Nya, Surah Thaha ayat 114 :

وَقُلْ رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

Artinya :
Dan katakanlah: "Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan".

Melalui ilmu, semua perkataan, perbuatan manusia dan hal lainnya akan terpelihara. Semua akan terukur, terjaga. Karena itu, hajat, kebutuhan manusia terhadap ilmu melebihi hajat kepada makanan dan minuman.
Imam Ahmad berkata :

‎الناس إلى العلم أحوج منهم إلى الطعام والشراب؛ لأن الرجل يحتاج إلى الطعام والشراب في اليوم مرة أو مرتين، وحاجته إلى العلم بعدد أنفاسه"

"Kebutuhan manusia terhadap ilmu melebihi dari kebutuhannya kepada makanan dan minuman karena kebutuhan seseorang terhadap makanan dan minuman dalam sehari bisa sekali, dua kali. Sedang kebutuhan terhadap ilmu sepanjang hayat. Al-Qur'an Surah Az-Zumar ayat 9 :

قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَالَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ ۗ إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُولُو الْأَلْبَابِ

Artinya :
Katakanlah: "Samakah orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui ?. Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran".
Ayat tersebut mengandung makna bahwa orang yang berilmulah yang dapat mengambil pelajaran, hikmah. Orang yang berilmu akan selalu memperoleh manfaat dari apa yang dirasakan, disaksikan, dan dikerjakan. Orang yang memiliki ilmu lebih banyak memandang sesuatu dari sisi positif. Menurutnya, tidak ada satu pun peristiwa di dunia ini yang sia-sia. Semuanya pasti ada manfaatnya (QS Ali Imran [3]: 191). Sebaliknya, orang tidak berilmu (buta pengetahuan) sering melihat sesuatu dari sisi negatif. Setiap peristiwa terkadang disikapinya dengan keluh kesah, caci maki, dan putus asa. Waktunya banyak disibukkan mencari kekurangan orang lain. Hatinya gelap tidak ada cahaya yang menerangi.

Keutamaan orang yang berilmu tidak hanya karena selalu memandang sesuatu dengan kacamata positif tetapi dalam pandangan Allah ia juga mulia. Allah memandang orang berilmu sebagai makhluk mulia, derajatnya akan diangkat ke tempat yang lebih tinggi.
Allah akan mengangkat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Dialah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan" (QS. Al-Mujadalah : 11).

Dari apa yang dikemukakan mungkin kita dapat berkata bahwa menambah ilmu pengetahuan, pengetahuan yang bermanfaat, pengetahuan sesuai petunjuk agama adalah kebutuhan pokok, primer dalam kehidupan ini. Ia akan menjadi lampu yang akan selalu menerangi hati untuk berbuat kebaikan.

Semoga bermanfaat

آمين يارب العٰلمين
والله اعلم بالصواب

Ternate, Selasa, 17 September 2019

Comments

Popular posts from this blog

Bersama al-Qur'an (3) اقرأ Bacalah Hati Bacalah Uttaran Perintah membaca, menelaah yang direkomendasikan ayat pertama surah al'Alaq yang diawali kata Iqra' sebagaimana penjelasan (Bersama al-Qur'an (1) obyeknya boleh tertulis dan tidak tertulis. Artinya, kita juga diperintahkan membaca hati dan membaca hasil karya seseorang yang kemudian bisa dibaca melalui dialog dan gambar ditayangkan oleh stasiun TV. Hati Al-Qur'an (Surah Yunus: 57) menyebutkan bahwa al-Qur'an adalah obat yang terdapat dalam dada (hati). Ayat ini dapat dimaknai bahwa wahyu Allah (al-Qur'an) berfungsi menyembuhkan penyakit-penyakit dengki, sombong dan lain-lain termasuk dendam. M.Quraish Shihab menyebutkan bahwa hati adalah wadah yang menampung rasa cinta dan benci, berkehendak dan menolak. Hati juga mampu melahirkan ketenangan dan kegelisahan. Kita mungkin dapat berkata bahwa hati adalah sesuatu yang sangat penting yang ada pada diri manusia. Mengapa? Jawabannya kalau diibaratka
Bersama Al-Qur'an (197) ‎(إقرأ) M. Djidin IAIN Ternate Membaca ayat qauliyah dan ayat kauniyah. Ayat qauliyah adalah ayat-ayat yang difirmankan oleh Allah swt. di dalam Al-Qur’an. Ayat kauniyah adalah ayat atau tanda yang wujud di sekeliling yang diciptakan oleh Allah SWT. Ayat kauniyah adalah ayat dalam bentuk benda, kejadian, peristiwa dan lainnya yang ada di sekitar kita, di alam ini. Bacaan kita hari ini : Menghidupkan Orang Mati : Perumpamaan QS. Al-A'raf : 57 Perumpamaan yang digambarkan Al-Qur'an yang tersebar dalam banyak ayatnya adalah salah satu cara Al-Qur'an mengedukasi agar manusia yang beriman dapat menjadikan sebagai pelajaran. Bacaan kita kali ini ayat qauliyah tentang tanah tandus, kering yang mati lalu mengeluarkan tanaman dan tumbuhan sebuah perumpamaan mengeluarkan orang mati dari dalam kubur dalam keadaan hidup. Hal ini diinformasikan Al-Qur'an pada surah al-A'raf ayat 57 : وَهُوَ الَّذِي يُرْسِلُ الرِّيَاحَ بُشْرًا بَيْنَ يَ
Bersama Al-Qur'an (192) ‎(إقرأ) M. Djidin IAIN Ternate Membaca ayat qauliyah dan ayat kauniyah. Ayat qauliyah adalah ayat-ayat yang difirmankan oleh Allah swt. di dalam Al-Qur’an. Ayat kauniyah adalah ayat atau tanda yang wujud di sekeliling yang diciptakan oleh Allah SWT. Ayat kauniyah adalah ayat dalam bentuk benda, kejadian, peristiwa dan lainnya yang ada di sekitar kita, di alam ini. Bacaan kita hari ini : Orang tua : Motivasi Terbesar Sejak Presiden ke-3 RI, Prof. Dr. B.J. Habibie (pak Habibie)  berpulang ke Rahmatullah, sampai hari ini almarhum masih tetap dibicarakan di berbagai forum diskusi termasuk di media sosial. Bahkan tayangan yang cukup lama tentang beliau kembali diviralkan. Di antaranya, acara dialog tanya jawab, Najwa bertanya Habibie menjawab yang tayang 2016 lalu dalam acara Mata Najwa Spesial Cinta Habibie (1) viral melalui You Tube ditonton tidak kurang dari 1,5 juta penonton. Dari wawancara itu, banyak informasi menarik yang disampaikan oleh pak