Skip to main content

Blog authors

My photo
M. Djidin
M. Djidin Dahlan lahir di Mandar, SULBAR, 02 Juni 1955. SD, PGAN 4 Th di Tinambung. SPIAIN, S1 dan S2 di Makassar, S3 di Jakarta. Di Makassar, kuliah di ABA (Bhs. Inggris ), mengajar di Lembaga Bhs IAIN, UMI, MAN, SMP, SMA Nahdiyat, SMP, SMA Trisakti, magang Wartawan Pedoman Rakyat. Juga, aktif ceramah dan khuthbah Jumat. Belajar tasauf di Majlis Ta'lim Habib Abubakar Hasan al-Attas. Bimbingan akhlak tasauf dari ARG. Prof. Dr. KH. Sahabuddin, mendampingi beliau bersafari dakwah ke jamaah Qadiriyah Mandar. Di Makassar, M. Djidin juga berguru kepada KH. Mustari, K. Mursalin Saleh, KH. Hafidz, KH. Muhammad Nur, KH. Abd. Qadir, MA. Mengikuti pengajian KH. Ali Ba'bud, KH. Sanusi Baco, KH. Muchtar Husain. Di Mandar, mengikuti pengajian dan dakwah keliling Annangguru KH. Muh. Saleh, belajar pd Annangguru Hafil, Annangguru Imam Sawang, Guru Ka'do, Pak Jurairi, M. Saleh, Sitti Awi, Pua Pasing. Pengalaman luar negeri, 2007, 4 bulan belajar tafsir di Mesir. 2011, Rajab - ramadhan belajar di Ummul Qura' University, Makkah. Pengalaman jabatan di IAIN Ternate, Ketua Prodi B. Arab, Kajur Tarbiyah, Kajur Adab, Dekan
Bersama Al-Qur'an (185)
‎(إقرأ)

M. Djidin
IAIN Ternate

Membaca ayat qauliyah dan ayat kauniyah. Ayat qauliyah adalah ayat-ayat yang difirmankan oleh Allah swt. di dalam Al-Qur’an.
Ayat kauniyah adalah ayat
atau tanda yang wujud di sekeliling yang diciptakan oleh Allah SWT. Ayat kauniyah adalah ayat dalam bentuk benda, kejadian, peristiwa dan lainnya yang ada di sekitar kita, di alam ini.
Bacaan kita hari ini :

Menjaga Keturunan :
Tafsir Surah Al-Qashash ayat 27

Agama Islam yang dibawa nabi Muhammad saw tidak hanya mengatur hubungan manusia dengan Tuhannya tetapi juga mengatur hubungan manusia dengan manusia lainnya, hubungan manusia dengan dirinya, dan lingkungan alam. Interaksi manusia dengan Tuhan (Allah) adalah hubungan ibadah. Dalam Islam, setiap muslim sebagai hamba berkewajiban untuk beribadah kepada Allah, melaksanakan segala perintah-Nya dan meninggalkan segala larangan-Nya. Manusia berusaha menjadi manusia yang mulia di sisi Tuhannya, mencapai derajat muttaqin, berkualitas pikir, berkualitas kerja (QS. Al-Hujuraat : 13). Hubungan manusia dengan sesama manusia adalah interaksi sosial, hubungan persaudaraan, hubungan kemanusiaan (QS. Alhujuraat : 10; 13). Sedangkan hubungan manusia dengan dirinya adalah interaksi edukatif, bagaimana seseorang dengan akal dan pikirannya berusaha belajar, mencari ilmu, pengalaman, terampil agar bisa bermanfaat, berkontribusi baik kepada dirinya, orang lain dan lingkungannya. Adapun interaksi manusia dengan alam adalah hubungan tanggung jawab, amanah. Alam, bumi, dan isinya diciptakan adalah untuk manusia (QS. Al-Baqarah : 29) dan manusia diciptakan untuk menjaga alam. Manusia bertanggung jawab (khalifah) untuk memelihara, memakmurkan, melestarikan alam (QS. Albaqarah : 30). Implementasi interaksi tersbut pada dasarnya adalah termasuk ibadah. Dalam istilah agama disebut ibadah mahdhah dan ibadah ghairu mahdhah. Ibadah mahdhah adalah ibadah langsung kepada Allah. Misalnya, salat, puasa, haji, dan lain-lain. Sedangkan ghairu mahdhah adalah ibadah tidak langsung. Ibadah ini dalam bentuk sosial, aktifitas untuk kebaikan baik kemaslahatan untuk diri pribadi, orang lain, dan untuk kelestarian alam. Allah memerintahkan kepada nabi Muhammad saw untuk menyampaikan kepada ummatnya agar melaksanakan ibadah mahdhah dan ghairu mahdhah sebagaimana terkandung dalam ayat bahwa salat seorang muslim, pekerjaan-pekerjaan lainnya, hidup, dan matinya adalah hanya untuk Allah swt  (QS. Al-An'am : 162).

Untuk menjaga, memelihara interaksi manusia dengan Allah, sesama manusia, kepada diri pribadi, dan hubungan dengan alam (ibadah mahdhah dan ghairu mahdhah), Islam merekomendasikan kepada penganutnya untuk menjaga lima hal, lima perinsip umum yang disebut maqashid syari'ah. Menurut Asy-Syatibi, bahwa aturan agama (syari'ah) bertujuan untuk mewujudkan kemaslahatan manusia di dunia dan akhirat. Artinya, syariat, termasuk aturan bagaimana seharusnya manusia itu berinteraksi, diciptakan Allah untuk kemaslahatan, untuk kebahagiaan manusia. Imam Asy-Syatibi menjelaskan kelima maqashid tersebut yaitu: 1. Hifdzhu al-din (melindungi agama), 2. Hifzhu al-nafs (melindungi jiwa), 3. Hifzhu al-'aql (melindungi pikiran), 4. Hifzhu al-mal (melindungi harta), 5. Hifzhu al-nasab (melindungi keturunan).

Bersama Al-Qur'an hari ini, kita baca ayat qauliyah dan tafsirnya terkait dengan melindungi keturunan (hifzhu al-Nasab) yaitu pemeliharaan melalui pernikahan. Ayat dimaksud terdapat pada surah al-Qashash ayat 27 :

قَالَ إِنِّي أُرِيدُ أَنْ أُنْكِحَكَ إِحْدَى ابْنَتَيَّ هَاتَيْنِ عَلَىٰ أَنْ تَأْجُرَنِي ثَمَانِيَ حِجَجٍ ۖ فَإِنْ أَتْمَمْتَ عَشْرًا فَمِنْ عِنْدِكَ ۖ وَمَا أُرِيدُ أَنْ أَشُقَّ عَلَيْكَ ۚ سَتَجِدُنِي إِنْ شَاءَ اللَّهُ مِنَ الصَّالِحِينَ

Artinya :
Berkatalah dia (Syu'aib): "Sesungguhnya aku bermaksud menikahkan kamu dengan salah seorang dari kedua anakku ini, atas dasar bahwa kamu bekerja denganku delapan tahun dan jika kamu cukupkan sepuluh tahun maka itu adalah (suatu kebaikan) dari kamu, maka aku tidak hendak memberati kamu. Dan kamu Insya Allah akan mendapatiku termasuk orang-orang yang baik".

Ayat tersebut oleh ahli tafsir dinilai mengandung perihal  lamaran pernikahan yaitu suatu poses meminta izin  dan memberi izin dari pihak pelamar kepada orangtua atau wali dari seseorang yang dilamar untuk dijadikan calon pasangan suami atau istri sah. Dalam ayat tersebut pihak perempuan (nabi Syuaib) yang mengajukan lamaran kepada pihak laki-laki ( Musa as). Ketertarikan nabi Syuaib as meminang Musa as karena dia adalah sosok pribadi sangat mulia sebagaimana anak gadis nabi Syuaib sampaikan bahwa Musa as adalah orang kuat dan jujur (QS. Al-Qashash : 26).

Dari ayat 27 surah al-Qashash, poin yang ingin disampaikan bahwa lamaran dari pihak perempuan kepada pihak laki-laki saleh, jujur adalah sunnah sejak zaman dahulu kala sampai datangnya Islam. Tradisi meminang dalam realitas memang dari pihak laki- laki ke pihak perempuan tetapi bila dilakukan pihak perempuan tidak ada larangan. Poin kedua, pernikahan yang didahului lamaran, pinangan adalah sebuah kehormatan. Pernikahan adalah cara untuk menjaga keturunan, agar laki-laki dan perempuan  tidak hidup bebas, tidak melakukan hubungan bebas seperti layaknya suami istri dengan yang bukan pasangannya (belum menjadi suami istri). Poin ketiga, bahwa jika ingin melakukan pernikahan, pihak laki-laki harus kuat. Kuat di sini adalah kuat fisik, sehat lahir dan batin. Fisik yang kuat memungkinkan untuk bekerja mencari rezeki untuk calon pasangan. Untuk saat ini, kata kuat mungkin dapat dimaknai dengan pegawai, karyawan, penjual, pedagang, buruh bangunan, tukang ojek, dan pekerjaan halal lainnya. Selain kuat, pihak laki-laki atau perempuan harus penganut agama Islam yang baik, jujur, berakhlak. Kuat dan jujur adalah modal membangun rumah tangga menuju keluarga sakinah mawaddah wa rahmah.

Semoga bermanfaat

آمين يارب العٰلمين
والله اعلم بالصواب

Ternate, Sabtu, 7 September 2019

Comments

Popular posts from this blog

Bersama al-Qur'an (3) اقرأ Bacalah Hati Bacalah Uttaran Perintah membaca, menelaah yang direkomendasikan ayat pertama surah al'Alaq yang diawali kata Iqra' sebagaimana penjelasan (Bersama al-Qur'an (1) obyeknya boleh tertulis dan tidak tertulis. Artinya, kita juga diperintahkan membaca hati dan membaca hasil karya seseorang yang kemudian bisa dibaca melalui dialog dan gambar ditayangkan oleh stasiun TV. Hati Al-Qur'an (Surah Yunus: 57) menyebutkan bahwa al-Qur'an adalah obat yang terdapat dalam dada (hati). Ayat ini dapat dimaknai bahwa wahyu Allah (al-Qur'an) berfungsi menyembuhkan penyakit-penyakit dengki, sombong dan lain-lain termasuk dendam. M.Quraish Shihab menyebutkan bahwa hati adalah wadah yang menampung rasa cinta dan benci, berkehendak dan menolak. Hati juga mampu melahirkan ketenangan dan kegelisahan. Kita mungkin dapat berkata bahwa hati adalah sesuatu yang sangat penting yang ada pada diri manusia. Mengapa? Jawabannya kalau diibaratka
Bersama al-Qur'an (79) M. Djidin IAIN Ternate Bacalah (إقرأ) "Membaca Ayat Qauliyah dan Ayat Kauniyah". Ayat Qauliyah adalah ayat-ayat yang difirmankan oleh Allah swt. di dalam al-Qur’an. Sedangkan Ayat Kauniyah adalah ayat atau tanda yang tampak di sekeliling yang diciptakan oleh Sang Khaliq, Allah swt. Ayat-ayat kauniyah bisa dalam bentuk benda, kejadian, peristiwa dan ciptaan Allah SWT lainnya yang ada di dalam alam ini. Bacaan kita yang ke-79 ini adalah ayat kauniyah. Sebagaimana biasanya, ayat-ayat qauliyah menjadi penjelas. "Siksa yang amat berat" dan "Kasih Sayang" Mungkin masih tersimpan dalam memori betapa besar cobaan yang menimpa masyarakat Palu, Donggala, dan Sigi dengan terjadinya gempa dan tsunami, sepuluh hari lalu, 28 September 2018. Banyak warga yang kehilangan tempat tinggal, kehilangan kendaraan, kehilangan orangtua, kehilangan anak, bahkan menurut berita Minggu, 07 Oktober 2018, jumlah yang sudah ditemukan meninggal du
Bersama Al-Qur'an (197) ‎(إقرأ) M. Djidin IAIN Ternate Membaca ayat qauliyah dan ayat kauniyah. Ayat qauliyah adalah ayat-ayat yang difirmankan oleh Allah swt. di dalam Al-Qur’an. Ayat kauniyah adalah ayat atau tanda yang wujud di sekeliling yang diciptakan oleh Allah SWT. Ayat kauniyah adalah ayat dalam bentuk benda, kejadian, peristiwa dan lainnya yang ada di sekitar kita, di alam ini. Bacaan kita hari ini : Menghidupkan Orang Mati : Perumpamaan QS. Al-A'raf : 57 Perumpamaan yang digambarkan Al-Qur'an yang tersebar dalam banyak ayatnya adalah salah satu cara Al-Qur'an mengedukasi agar manusia yang beriman dapat menjadikan sebagai pelajaran. Bacaan kita kali ini ayat qauliyah tentang tanah tandus, kering yang mati lalu mengeluarkan tanaman dan tumbuhan sebuah perumpamaan mengeluarkan orang mati dari dalam kubur dalam keadaan hidup. Hal ini diinformasikan Al-Qur'an pada surah al-A'raf ayat 57 : وَهُوَ الَّذِي يُرْسِلُ الرِّيَاحَ بُشْرًا بَيْنَ يَ