Skip to main content

Blog authors

My photo
M. Djidin
M. Djidin Dahlan lahir di Mandar, SULBAR, 02 Juni 1955. SD, PGAN 4 Th di Tinambung. SPIAIN, S1 dan S2 di Makassar, S3 di Jakarta. Di Makassar, kuliah di ABA (Bhs. Inggris ), mengajar di Lembaga Bhs IAIN, UMI, MAN, SMP, SMA Nahdiyat, SMP, SMA Trisakti, magang Wartawan Pedoman Rakyat. Juga, aktif ceramah dan khuthbah Jumat. Belajar tasauf di Majlis Ta'lim Habib Abubakar Hasan al-Attas. Bimbingan akhlak tasauf dari ARG. Prof. Dr. KH. Sahabuddin, mendampingi beliau bersafari dakwah ke jamaah Qadiriyah Mandar. Di Makassar, M. Djidin juga berguru kepada KH. Mustari, K. Mursalin Saleh, KH. Hafidz, KH. Muhammad Nur, KH. Abd. Qadir, MA. Mengikuti pengajian KH. Ali Ba'bud, KH. Sanusi Baco, KH. Muchtar Husain. Di Mandar, mengikuti pengajian dan dakwah keliling Annangguru KH. Muh. Saleh, belajar pd Annangguru Hafil, Annangguru Imam Sawang, Guru Ka'do, Pak Jurairi, M. Saleh, Sitti Awi, Pua Pasing. Pengalaman luar negeri, 2007, 4 bulan belajar tafsir di Mesir. 2011, Rajab - ramadhan belajar di Ummul Qura' University, Makkah. Pengalaman jabatan di IAIN Ternate, Ketua Prodi B. Arab, Kajur Tarbiyah, Kajur Adab, Dekan
Bersama al-Qur'an (178)
‎(إقرأ)

M. Djidin
IAIN Ternate

Membaca ayat qauliyah dan ayat kauniyah. Ayat qauliyah adalah ayat-ayat yang difirmankan oleh Allah swt. di dalam al-Qur’an.
Ayat kauniyah adalah ayat
atau tanda yang wujud di sekeliling yang diciptakan oleh Allah SWT. Ayat kauniyah adalah ayat dalam bentuk benda, kejadian, peristiwa dan lainnya yang ada di sekitar kita, di alam ini.
Bacaan kita hari ini :

Merawat Anggrek Merawat Anak sendiri

Bunga anggrek adalah bunga indah mempesona, salah satu keindahan hayati yang dimiliki oleh Indonesia. Berbagai jenisnya dapat dijumpai di berbagai daerah, di Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Papua.
Namun dari empat ribu sampai lima ribu jenis anggrek di Indonesia dari total sekitar tiga puluh ribu jenis anggrek di dunia, baru sebahagian yang sudah dikembangkan secara optimal.  "Indonesia mempunyai kekayaan biodiversitas yang tinggi, namun kita belum bisa mengembangkannya dengan optimal," kata Budi S Daryono sebagaimana diinformasikan Republika.

Kalau dulu bunga anggrek belum  banyak diminati oleh masyarakat tetapi saat ini pencinta anggrek semakin berkembang. Komunitas pencinta anggrek dapat dijumpai di mana-mana,  jumlah pengoleksi anggrek juga bertambah. Kehadiran anggrek bisa mempercantik sisi rumah di bagian depan juga dapat memperindah suasana hati setiap memandangnya. Bahkan ada yang beranggapan bahwa indahnya bunga anggrek menggambarkan, mempresentasikan, mewakili perasaan, suasana batin, rasa bahagia pemiliknya.

Sebagai pencinta anggrek, seseorang berusaha menambah koleksi. Berbagai cara dilakukan, membeli anggrek lewat online, memburu sampai ke daerah-daerah, lintas propinsi. Ibu Amanda misalnya, untuk menambah koleksi anggrek sering membeli anggrek online. Selain itu, setiap suami ke luar daerah terutama ke Malang, Bogor selalu menitipkan pesan untuk dicarikan anggrek meski masih kecil. Ibu dari beberapa anak yang tinggal di Makassar ini bahkan memburu anggrek ke Malino Sulawesi Selatan. Selain itu, penyuka anggrek juga berusaha memelihara tanaman yang sudah populer di Indonesia ini mulai dari penanaman sampai perawatannya. Merawat anggrek tidak sama dengan merawat bunga lainnya. Anggrek dan berbagai jenisnya mempunyai karakter yang berbeda. Meskipun anggrek bisa ditanam di dalam pot, bisa ditempel di papan dan batang pohon tetapi butuh pengetahuan. Tanpa pengetahuan, anggrek bisa saja tidak keluar bunganya dalam waktu yang lama, sangat lama. Pemilihan pot misalnya, disarankan agar menggunakan pot dari tanah liat yang mempunyai lubang-lubang kecil berdiameter sekitar 2 cm untuk membantu sirkulasi udara serta mempermudah aerasi (proses penambahan udara dalam air) dan drainase (pembuangan air secara alami). Ia juga memungkinkan air terserap ke bahan pot apabila terjadi kelebihan air siraman, terhindar dari penyakit busuk akar, akarnya akan selalu terjaga. Termasuk media yang akan digunakan. Misalnya mengisi pot dengan media tanam berupa sabut kelapa, potongan pakis, arang kayu, dan pecahan batu bata. Setelah pot terisi media tanam, berikutnya siapkan bibit anggrek yang akan ditanam. Bibit anggrek itu ditanam langsung pada pot yang berisi media tersebut, demikian para ahlinya menjelaskan.

Anggrek dengan perawatan yang baik dan benar akan tumbuh normal dan akan mengeluarkan bunga secara normal pula yang bisa mempercantik sisi depan atau sekitar rumah sebagai tanaman hias outdoor. Merawat anggrek agar bunganya selalu berkembang dan tahan lama menurut para pakarnya, di antaranya anggrek ditempatkan di area yang ada sinar matahari alami, tidak terlalu panas, dijaga agar tetap lembab, dan penyiraman tidak berlebihan. Anggrek yang mendapat perawatan yang baik akan tumbuh subur dan akan mengeluarkan tunas-tunas baru, melahirkan keturunan baru.

Tanaman bunga anggrek selain bermanfaat untuk keindahan, sebagai tanaman hias tetapi juga untuk kesehatan dan kecantikan. Beberapa penyakit yang dapat diobati antara lain penyakit TBC, penyakit maag, diare, sesak napas, dan lain-lain. Untuk kecantikan selain membuat kulit lembab, tidak kering juga dijadikan sebagai parfum, pengharum, dan lain-lain. Selain itu, anggrek menjadi tanaman yang menjanjikan. Ia diperjualbelikan baik langsung maupun secara online. Penjual anggrek tidak lagi dimonopoli toko-toko anggrek, kebun anggrek tertentu tetapi sudah jauh berkembang. Para ibu, emak-emak yang awalnya berada pada level penyuka kemudian jadi hobi, dan menjadi penjual anggrek. Ini tidak hanya ada di kota tertentu tetapi dengan mudah dapat dijumpai di beberapa kota di tanah air bahkan banyak di antaranya  menawarkan anggrek lewat fb dan You Tube.
Beberapa jenis tanaman anggrek yang bernilai komersial yaitu anggrek Dendrobium, Vanda, Phalaeonopsis, Catlleya, Oncidium, Renathera, Aranda, dan Cymbidium. Salah satu di antaranya yang peminatnya meningkat adalah anggrek Dendrobium.
Pondok Pesantren di Jawa dan di Lampung selain bergerak di bidang pendidikan juga mengembangkan usaha komersial di antaranya budidaya anggrek. Contohnya Pondok Pesantren Darussa'adah Lampung Tengah (dari berbagai sumber).

Ketika seseorang sudah mencintai anggrek ia akan selalu menyiapkan waktu untuk menyempatkan untuk melihat dan memperhatikan bunga anggrek yang ia tanam. Ia merawatnya bahkan akan bermanja-manja dengannya. Ia juga tidak bisa teavelling lama karena selalu mengingat, merindukannya. Ia siap lembur malam untuk membersihkan hama anggrek. Rasa capek, lelah, dipeluknya erat-erat sehingga rasa lelahnya tidak terasa. Kata Tere Liye "Sayangi rasa sakit yang kita terima. Peluk dengan erat. Maka semoga rasa sakitnya berkurang".

Dari apa yang dikemukakan mungkin kita dapat berkata bahwa merawat anggrek seolah-olah seperti merawat anak sendiri. Ada waktu yang disisihkan untuk memonitor, membutuhkan dana, perhatian, pengorbanan, keseriusan, kesabaran, ketekunan, dan kasih sayang. Merawat anggrek butuh pengetahuan agar pertumbuhannya baik. Demikian orang tua dalam mendidik anak harus punya pengetahuan dan bijaksana. Ia bisa menentukan apa yang seharusnya dilakukan untuk kebaikan dan masa depan anak-anaknya.

Dalam perspektif al-Qur'an apa saja yang ada di sekitar kita bisa menjadi bahan ajar, media pembelajaran sekaligus menjadi guru, nasehat.  Tanaman bunga anggrek, bagaimana merawatnya, apa manfaatnya, mengajarkan banyak hal sebagaimana telah dijelaskan. Al-Qur'an Surah al-Maidah ayat 31 :

فَبَعَثَ اللَّهُ غُرَابًا يَبْحَثُ فِي الْأَرْضِ لِيُرِيَهُ كَيْفَ يُوَارِي سَوْءَةَ أَخِيهِ ۚ قَالَ يَا وَيْلَتَا أَعَجَزْتُ أَنْ أَكُونَ مِثْلَ هَٰذَا الْغُرَابِ فَأُوَارِيَ سَوْءَةَ أَخِي ۖ فَأَصْبَحَ مِنَ النَّادِمِينَ

Artinya :
Kemudian Allah menyuruh seekor burung gagak menggali-gali di bumi untuk memperlihatkan kepadanya (Qabil) bagaimana seharusnya menguburkan mayat saudaranya. Berkata Qabil: "Aduhai celaka aku, mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini, lalu aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini?" Karena itu jadilah dia seorang diantara orang-orang yang menyesal.

Ayat tersebut mengandung makna bahwa burung gagak yang diperintah oleh Allah adalah guru bagi Qabil yang kebingungan bagaimana cara menguburkan saudaranya. Setelah burung gagak mencontohkan dengan menggali-gali tanah barulah Qabil sadar dan kemudian dapat menguburkan mayat saudaranya itu. Artinya, apa yang ada di sekitar kita adalah menjadi pelajaran termasuk tanaman bunga anggrek yang memiliki banyak manfaat.

Semoga bermanfaat

آمين يارب العٰلمين
والله اعلم بالصواب

Ternate, Sabtu, 31 Agustus 2019

Comments

Popular posts from this blog

Bersama al-Qur'an (3) اقرأ Bacalah Hati Bacalah Uttaran Perintah membaca, menelaah yang direkomendasikan ayat pertama surah al'Alaq yang diawali kata Iqra' sebagaimana penjelasan (Bersama al-Qur'an (1) obyeknya boleh tertulis dan tidak tertulis. Artinya, kita juga diperintahkan membaca hati dan membaca hasil karya seseorang yang kemudian bisa dibaca melalui dialog dan gambar ditayangkan oleh stasiun TV. Hati Al-Qur'an (Surah Yunus: 57) menyebutkan bahwa al-Qur'an adalah obat yang terdapat dalam dada (hati). Ayat ini dapat dimaknai bahwa wahyu Allah (al-Qur'an) berfungsi menyembuhkan penyakit-penyakit dengki, sombong dan lain-lain termasuk dendam. M.Quraish Shihab menyebutkan bahwa hati adalah wadah yang menampung rasa cinta dan benci, berkehendak dan menolak. Hati juga mampu melahirkan ketenangan dan kegelisahan. Kita mungkin dapat berkata bahwa hati adalah sesuatu yang sangat penting yang ada pada diri manusia. Mengapa? Jawabannya kalau diibaratka
Bersama al-Qur'an (79) M. Djidin IAIN Ternate Bacalah (إقرأ) "Membaca Ayat Qauliyah dan Ayat Kauniyah". Ayat Qauliyah adalah ayat-ayat yang difirmankan oleh Allah swt. di dalam al-Qur’an. Sedangkan Ayat Kauniyah adalah ayat atau tanda yang tampak di sekeliling yang diciptakan oleh Sang Khaliq, Allah swt. Ayat-ayat kauniyah bisa dalam bentuk benda, kejadian, peristiwa dan ciptaan Allah SWT lainnya yang ada di dalam alam ini. Bacaan kita yang ke-79 ini adalah ayat kauniyah. Sebagaimana biasanya, ayat-ayat qauliyah menjadi penjelas. "Siksa yang amat berat" dan "Kasih Sayang" Mungkin masih tersimpan dalam memori betapa besar cobaan yang menimpa masyarakat Palu, Donggala, dan Sigi dengan terjadinya gempa dan tsunami, sepuluh hari lalu, 28 September 2018. Banyak warga yang kehilangan tempat tinggal, kehilangan kendaraan, kehilangan orangtua, kehilangan anak, bahkan menurut berita Minggu, 07 Oktober 2018, jumlah yang sudah ditemukan meninggal du
Bersama Al-Qur'an (197) ‎(إقرأ) M. Djidin IAIN Ternate Membaca ayat qauliyah dan ayat kauniyah. Ayat qauliyah adalah ayat-ayat yang difirmankan oleh Allah swt. di dalam Al-Qur’an. Ayat kauniyah adalah ayat atau tanda yang wujud di sekeliling yang diciptakan oleh Allah SWT. Ayat kauniyah adalah ayat dalam bentuk benda, kejadian, peristiwa dan lainnya yang ada di sekitar kita, di alam ini. Bacaan kita hari ini : Menghidupkan Orang Mati : Perumpamaan QS. Al-A'raf : 57 Perumpamaan yang digambarkan Al-Qur'an yang tersebar dalam banyak ayatnya adalah salah satu cara Al-Qur'an mengedukasi agar manusia yang beriman dapat menjadikan sebagai pelajaran. Bacaan kita kali ini ayat qauliyah tentang tanah tandus, kering yang mati lalu mengeluarkan tanaman dan tumbuhan sebuah perumpamaan mengeluarkan orang mati dari dalam kubur dalam keadaan hidup. Hal ini diinformasikan Al-Qur'an pada surah al-A'raf ayat 57 : وَهُوَ الَّذِي يُرْسِلُ الرِّيَاحَ بُشْرًا بَيْنَ يَ